Update Puting Beliung Slangit: 278 Rumah Rusak, Warga Sempat Mengungsi

Update Puting Beliung Slangit: 278 Rumah Rusak, Warga Sempat Mengungsi

CIREBON - Puting beliung yang terjadi di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon hari ini Sabtu (2/1), menyebabkan ratusan rumah warga rusak dan fasilitas umum terganggu.

Gardu listrik PLN juga ikut terdampak. Imbasnya, terjadi pemadaman total di seluruh desa.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Dr Alex Suheriyawan MPd mengatakan, warga sempat mengungsi karena rumahnya mengalami kerusakan. Namun tidak lama, mereka sudah kembali dan membenahi rumahnya masing-masing.

Baca Juga: Desa Slangit Porak Poranda Diterjang Puting Beliung, Ratusan Rumah Rusak

Disampaikan dia, BPBD memprioritaskan penanganan kedaruratan terlebih dahulu. Kemudian akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk tindakan lanjutan. Termasuk perbaikan rumah warga yang rusak.

Akibat kejadian tersebut, berdasarkan data sementara ada sekitar 278 rumah warga mengalami kerusakan dengan berbagai kategori.

\"Ini baru data sementara, ada sekitar 278 rumah yang rusak. Kita masih lakukan pendataan, tim masih bekerja dilapangan untuk melakukan upaya tanggap darurat,\" imbuhnya.

Baca Juga: Desa Slangit Dilanda Puting Beliung, Atap Rumah Rusak, Pohon Tumbang

Menurut Alex, Pemkab Cirebon melalui BPBD sedang dalam kondisi siaga bencana hidromteorologi dimana ada peningkatan potensi bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung.

\"Kita saat ini sedang siaga, ancaman bencana hidrometeorologi bisa terjadi kapan saja, kami harap masyarakat tetap waspada,\" ungkapnya. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: